A. Sifat
Manajemen Operasi
1. Proses
Transformasi
Proses transformasi menggabungkan input dengan cara yang
telah ditentukan dengan menggunakan peralatan yang berbeda, prosedur
administrasi dan teknologi untuk menciptakan produk
2. Manajemen
Operasi dalam bisnis jasa
-
Sifat dan konsumsi produksi
-
Keseragaman input
-
Keseragaman output
-
Tenaga kerja yang dibutuhkan
-
Pengukuran produktivitas
B. Perencanaan
dan perancangan sistem operasi
1. Perencanaan
produk
Sebelum membuat produk apapun, perusahaan harus terlebih
dahulu menentukan apa yang konsumen inginkan dan kemudian merancang produk
untuk memenuhi yang diinginkan.
2. Merancang
Proses Operasi
-
Standarisasi
-
Desain modular
-
Kustomisasi
3. Perencanaan
kapasitas
Proses perencanaan operasional untuk organisasi melibatkan
dua area pertinggi perencanaan kapasitas dan perencaan fasilitas.
4. Perencanaan
Fasilitas
-
Lokasi fasilitas
-
Tata letak fasilitas
-
Teknologi
5. Keberlanjutan
dan manufaktur
Manufaktur dan sistem operasi bergerak cepat untuk membangun kelestarian
lingkungan dan meminilmakan dampak negatid pada lingkungan alam.
C. Mengelola
rantai makanan
Menghubungkan
dan mengintegrasikan semua pihak atau anggota dan sistem distribusi untuk
memuaskan pelanggan.
1. Pembelian
Pembelian semua bahan yang dibutuhkan oleh organisasi disebut
pengadaan.
2. Mengelola
persediaan
-
Pesanan ekonomi model kuantitas
-
Hanya dalam waktu manajemen persediaan
-
Kebutuhan bahan perencanaan.
3. Outsourcing
Outsourcing telah menjadi bagian komponen dari manajemen
rantai pasokan dalam operasi
4. Routing dan
penjadwalan
-
Routing, urutan operasi dimana produk harus lulus
-
Penjadwalan, tugas yang dibutuhkan untuk departemen
atau bahkan mesin, pekerja atau tim
D. Mengelola
Kualitas
1. Organisasi
Internasional untuk Standarisasi (ISO)
Terlepas apakah sebuah perusahaan memiliki program TQM untuk
pengendalian kualitas, pertama kali harus menentukan standar kualitas yang
diinginkan dan kemudian menilai apakah produknya sesuai standar.
2. Pemeriksaan
Inspeksi mengunkapkan apakah suatu produk memenuhi standar kualitas.
Beberapa karakteristik produk dapat dibedakan dengan pemeriksaan cukup
sederhana teknik menimbang isi kotak sereal atau mengukur waktu yang dibutuhkan
bagi pelanggan untuk menerima humbergernya.
3. Sampling
Pertanyaan penting yang berkaitan dengan inspeksi adalah
berapa banyak item yang harus diperiksa? Harus semua kano oleh Rushing Water
diperiksa atau hanya beberapa dari mereka? Apakah untuk memeriksa 100 % dari
bagian output atau hanya dari hal itu berkaitan dengan biaya proses
pemeriksaan, kehancuran dari proses pemeriksaan (beberapa test terakhir sampai
produk gagal) dan biaya potensi kelemehan produk dalam hal manusia kehidupan
dan keselamatan.
No comments:
Post a Comment